About Me

Dani Ronnie M adalah anak keempat dari H. Roni Matjan dan Hj. Zuriah. Dilahirkan di Palembang, 11 September 1967. Jenjang sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas ditempuhnya di kota kelahirannya Palembang, Sumatera Selatan. Pada tahun 1986 dia melanjutkan studinya di Fakultas Hukum Jurusan Perdata Universitas Jambi (Unja). Pada bulan Desember 1991 dia lulus sebagai seorang Sarjana Hukum dan langsung mendapat predikat 'pengangguran intelek'!

Kecintaannya pada Bahasa Inggris menavigasi takdir hidupnya. Setelah beberapa tahun menjadi penganggur, akhirnya dia memutuskan untuk menjadi guru bahasa Inggris, karena dia merasa benar-benar 'hidup' pada saat mengajar di depan jiwa-jiwa unik di kelasnya.

Dia terjun ke dunia keguruan sejak tahun sejak tahun 1993. Pertama kali mengajar di sekolah-sekolah swasta di kota kelahirannya. Pada tahun 1995, dia diterima sebagai staff pengajar di Lembaga Bahasa LIA Palembang. Di sini penghayatannya akan metode pengajaran efektif mulai terasah.

Dia terus menerus bereksplorasi dan mencari cara yang paling pas dalam mendidik anak-anak bangsa. Dia berpikir bahwa mengajar itu seharusnya tidak sekadar datang ke sekolah/lembvaga pendidikan, masuk kelas, menyuruh ini-itu, melarang ini-itu, mentransfer pengetahuan kepada para pembelajarnya, lalu pulang, namun jauh lebih dari itu.

Menurut Dani RM, seorang guru harus menyikapi profesinya dari 5 sudut pandang (the teachers' mindset), yang merupakan transendensi dari pemahaman makna guru. Dia percaya apabila setiap guru di Indonesia melihat dirinya sebagai:

  1. A GOD'S CREATURE (makhluk Tuhan) yang mempersembahkan apa pun yang dilakukannya di kelas sebagai Ibadah terhadap Tuhannya,
  2. A GENUINE TEACHER (PENGAJAR SEJATI), yang mengajar dengan hatinya,
  3. A GUIDE (pembimbing) yang membimbing dengan nuraninya.
  4. A SINCERE EDUCATOR (PENDIDIK) yang mendidik dengan segenap keikhlasan, dan,
  5. An INSPIRER (penginspirasi) yang menginspirasi dan menyampaikan kebenaran dengan rasa kasih,
maka sang guru ini akan bermetamorfosa menjadi guru yang luar biasa, yang pada gilirannya akan melahirkan para pembelajar yang hebat, unggul dan mampu melejitkan potensi unik tersembunyi yang mereka miliki. Inilah mindset seorang pendidik yang akan melegenda, yang benar-benar menjadi seseorang pahlawan tanpa tanda jasa.

Karya-karya Dani Ronnie M yang sudah diterbitkan, yaitu:

  1. Seni Mengajar Dengan Hati (Don't Be A Teacher Unless You Have Love To Share) Oleh Elex Media Komputindo Jakarta, 2005.
  2. Seni Menikmati Hidup dan Memberdayakan Diri (Menyibak Tabir Hidup) Oleh Elex Media Komputindo Jakarta, 2005.
  3. The Power of Emotional and Adversity Quotient for Teachers, oleh Mizan Publika Jakarta, 2006.
  4. Visit Musi Upaya Pemberdayaan Masyarakat Sumsel. Oleh ALTI Publishing Palembang, 2007.
  5. Bumi Sriwijaya Antara Marketing Komitmen & Etos Kerja, Oleh ALTI Publishing Palembang, 2008.
Setelah mengajar di beberapa LIA yang ada di Palembang dan Jakarta (Lia Kebayoran Baru, LIA Fatmawati, LIA Bintaro), Dani Ronnie M juga sempat mengajar di EF (English First) - Tebet Jakarta, terhitung sejak tahun 2001-2003.

Dani Ronnie M mempelajari dan menerapkan dengan seksama pendapat para pakar pendidikan tentang proses belajar-mengajar modern seperti dari Bobbi Deporter (Quantum Teaching), Gordon Dryden (The Learning Revolution), Win Wenger (Beyond Teaching and Learning), Dave Meier (The accelerated Learning), Adele Faber & Elaine Mazlish (How To Talk so Kids Can Learn At Home and In School), sampai pada The Creative Spirit yang ditulis oleh Daniel Goleman.

Pembelajaran yang dia dapat memang belum cukup, namun dia amat yakin bahwa dengan banyak membaca, menganalisa langsung dan bekarya nyata, barulah proses penyempurnaan terjadi. Dia, sungguh, belum sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Sang Maha Sempurna. Dia hanyalah makhluk yang terus berusaha menyempurnakan ikhtiar. Terus menerus mencoba memberikan yang terbaik bagi anak negeri. Dia berharap suatu saat nanti akan terlahir sebuah generasi yang akan mengangkat harga diri dan martabat bangsa yang pernah menjadi macan Asia ini, INDONESIA!

Sebenarnya Dani Ronnie M menganggap dirinya tak lebih dari pengembara di dunia pendidikan. Dan beberapa buku karyanya di atas adalah hasil perenungannya. Hasil dari apa yang dia lihat, apa yang dia dengar dan apa yang dia lakukan di kelasnya. Itu bukan sebuah thesis apalagi disertasi yang terkadang hanya basa-basi.

Itu baginya, sungguh, sebuah perjalanan panjang yang tidak bertarget 'Ph.D' atau gelar-gelar lainnya. Targetnya tidak lain adalah pelayanan kepada si pembelajar dan kecintaan kepada mereka yang tidak berbatas waktu, seumur hidup, sepanjang hayat. Ini sebuah pengabdian, sebuah dedikasi. Sebuah cinta yang tulus yang hendak ditularkannya kepada teman-temannya yang lain. Sebuah kesederhanaan pikiran seorang pengelana.

Memang perjalanannya belum berakhir. Perjalanannya masih jauh dari tujuan. Karena memang batas akhirnya merupakan rahasia sang maha pengasih. Bagaimana pun juga pengembaraannya harus terus dilanjutkan. Jalan berliku di depannya masih menanjak, berangin, berhujan dan mungkin berbadai. Namun itulah keindahan, itulah kebahagiaan, itulah kehidupan yang sebenarnya! Maka sebagai seorang pengelana sejati, izinkanlah ia pamit untuk meneruskan pengembaraannnya...

(Untuk mengundang Dani Ronnie M sebagai pembicara seminar, ceramah ilmiah maupun in-house training, Anda dapat menghubunginya di nomor handphone: 0818-676-711 atau email: danironniem@gmail.com).

home

ADVERSITY INTELLIGENCE

EMOTIONAL INTTELLIGENCE

Spiritual Intelligence

Hak Cipta Dilindungi Undang-undang (c) All Right Reserved
Dilarang Memperbanyak (copy paste) Sebagian atau Seluruh Isi Blog Ini
Tanpa Izin Resmi dari Pemiliknya.

Terima Kasih.

  © DANI RONNIE M A TEACHER, BOOK WRITER And PUBLIC SPEAKER Supported by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP