Ini Rahasia, Ssst.. Jangan Bilang-bilang Ya..


Bumi Sriwijaya, Jum'at 15 Januari 2010.

Saya telah menemukan ‘the recipe” untuk menjadi bahagia, sukses dan kaya secara cepat dan mudah serta sangat menyenangkan. “Wah, apa benar Dan? Jangan-jangan ini bualanmu saja?” Mungkin demikian pertanyaan yang ada dipikiran Anda. Tak apalah.. he..he..

Baik, kita lanjutkan ya..

Anda akan tercengang betapa selama ini “the recipe” (ramuan) itu sangat akrab dengan kehidupan kita, namun sayangnya tak banyak diantara kita yang mau menerapkannya. Hal-hal itu ternyata tak perlu uang sama sekali. Bahkan Anda tak perlu membeli buku untuk mengetahui rahasia menjadi sukses ini. Cukup membaca ini saja.

Pasti Anda berpikir, eh orang ini mau mengajari saya dia sendiri belum membuktikannya. Kalau Anda berpikir demikian, dengan sangat menyesal saya mengatakan Anda agak keliru, karena saya dengan sangat konsisten telah menerapkannya dalam kehidupan keseharian saya. (Ehem.. nian apo?)

Saya adalah seorang yang bisa dikatakan ‘ a loser’ beberapa tahun yang lalu. Kala itu saya sudah cukup berumur namun saya tidak memiliki apa-apa, bahkan saya masih tinggal dengan mertua saya. Banyak sekali orang menganggap saya demikian. Sudah matang secara usia namun belum matang secara materi. Jangankan Anda bertanya tentang sejumlah uang di kantong atau tabungan saya. Saya bahkan tak memiliki sepeser uang pun untuk makan. Saya tidak bisa makan, kalau saja saya tidak numpang sana, numpang sini, belum lagi untuk menafkahi keluarga saya. Singkatnya, saya sedang bangtot alias bangkrut total (Saya mendirikan usaha di Jakarta, tapi akhir bangkrut dan pulang ke kampung saya, Palembang).

Waktu itu saya bukan hanya tak memiliki uang, namun saya juga memiliki tanggung jawab yang berupa hutang dan, ‘hebat’nya lagi saya mengalami kecelakaan fatal (diperjalanan saya dari Jakarta ke Palembang) yang menyebabkan salah satu mata saya tak bisa melihat. Lengkap sudah keterpurukan yang harus aku tanggung!

Keadaan ini membuat saya di mata orang lain benar-benar ‘a loser!’

Meski keadaannya begitu parah, namun saya terus berupaya untuk mencari jalan keluar. Terus mencari cara yang pas untuk mengatasi keadaan ini. Alhamdulillah, akhirnya saya bisa bangkit kembali. Keadaan yang luarbiasa terpuruk itu hanya berlangsung beberapa bulan saja (Juli-Oktober).

Lalu kudapatlah rahasia yang tak perlu uang sedikit pun itu. Rahasia yang membuat aku akhirnya  mampu memiliki rumah, menjalankan usaha penerbitan sendiri dengan asset lumayan. Memang belum berpuluh-puluh milyar, namun aku tak bisa membayangkan berapa jumlah asetku nanti setelah 5 tahun, mungkin saja sudah menjadi a US dollar millionnaire yang banyak diimpikan orang. Ya, mungkin saja. (Tapi hidup, bukan hanya kekayaan seperti itu, bukan? Ada kekayaan lain yang lebih hakiki. Apa itu?)

Ini bukan pengalaman orang lain. Ini bukan pula hasil dari hal-hal yang melawan hukum. Ini benar-benar legal dan mulia. Anda bisa juga melakukannya, dengan segala kondisi kehidupan yang tengah Anda hadapi saat ini.

Baik, untuk tidak berpanjang-panjang, sebab nanti akan membuat anda semakin penasaran. Kita langsung saja mengungkap, sesuatu yang saya sebut rahasia ini. Dengan harapan mudah-mudahan ini bisa jadi inspirasi bagi Anda.



Rahasia itu adalah:
  1. Anda harus melakukan sesuatu yang berbeda dari orang lain. Menjadi diri Anda sendiri dalam arti yang positif. Gali keunikan dan kemampuan yang Anda miliki, secara konsisten, sabar dan fokus. Ya.. F O K U S…
  2. Ikhlaslah membagi kelebihan Anda itu kepada setiap orang yang membutuhkannya, tak perlu Anda banyak perhitungan. Anggap saja Anda tengah mengalami musim tanam bibit-bibit kebaikan di ladang-ladang kehidupan Anda. Kata kuncinya adalah K E I K H L A S A N berbagi.
  3. Teruslah berbuat baik kepada setiap orang, tanpa berpikir apa keuntungan bagi Anda (Teori AMBAK – apa manfaatnya bagiku. Jangan Anda perlakukan, karena ini akan bertentangan dengan upaya Anda untuk ikhlas). Banyak prinsip-prinsip sukses yang mengedepankan motif manfaat pada diri kita (AMBAK), bukan fokus pada manfaat bagi orang lain. Hal ini jangan ikuti. Lakukan saja segala kebaikan untuk alam sekitar kita, lalu lupakanlah.
  4. Setiap hari awali dengan kebaikan, baik terhadap orang mau pun segala benda yang ada di sekitar kita. Ingat segala BENDA yang ada di sekitar kita (Ini ada penjelasan ilmiahnya, nanti akan kita bahas). Kebaikan itu bisa berwujud apa saja. Apa saja (Senyum, sapa, bersedekah dalam bentuk uang, kalau lagi ada, membantu dengan tenaga, memuji dll).
  5. Isilah pikiran dan hati Anda dengan hal-hal yang baik, seperti kasih sayang, pengertian dan cinta terhadap apa pun dan siapa pun.
Lakukan ini sesering dan sekonsisten mungkin. Tunggu selama 28 hari, lalu lihat dan buktikan sendiri, Anda akan menarik segala kebaikan yang bahkan Anda tidak pernah impikan. Barangkali ini juga rahasia banyak orang sukses, seperti Bob Sadino dan banyak kenalan-kenalan sukses saya lainnya. Yang mereka lakukan hanyalah menanam, menanam dan menanam, lalu tiba-tiba mereka panen dalam jumlah yang spektakuler. Tapi tambah gencar saja mereka menanam, sehingga hasilnya pun semakin gencar balik ke mereka, akibatnya apa? Anda bisa bayangkan sendiri. Inilah sedikit 5 ramuan yang ingin saya bagikan ke Anda. Pada postingan selanjutnya kita akan bahas ke 5 recipe ini, satu per satu. Mudah2an bermanfaat ya!!

(Thanks to Andrew Matthews for the picture)

home

ADVERSITY INTELLIGENCE

EMOTIONAL INTTELLIGENCE

Spiritual Intelligence

Hak Cipta Dilindungi Undang-undang (c) All Right Reserved
Dilarang Memperbanyak (copy paste) Sebagian atau Seluruh Isi Blog Ini
Tanpa Izin Resmi dari Pemiliknya.

Terima Kasih.

  © DANI RONNIE M A TEACHER, BOOK WRITER And PUBLIC SPEAKER Supported by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP